Rembang, Sebanyak 14 Mahasiswa Institut Pertanian Bogor melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di dua daerah di Kabupaten Rembang. Berbeda dengan KKN yang dilaksanakan sebelumnya dengan banyak orang, kali ini hanya dilakukan 14 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Mahasiswa ini merupakan warga asli Rembang dan pelaksanaanya dipersingkat, yaitu 28 Juni 2021 sampai dengan 7 Agustus 2021. Dipastikan dalam kegiatan ini tidak ada kerumunan masa karena dalam KKN-T Rembang dilakukan secara virtual.

Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Sofyan Sjaf, SPt, Msi mengatakan Rabu (30/6) secara virtual sudah dilakukan serah terima mahasiswa KKN-T.

Pihaknya menambahkan, KKN-T di Rembang dilakukan di dua daerah yaitu di Desa Sendangmulyo Kecamatan Bulu dan di Desa Bonjor Kecamatan Sarang.

Dalam kegiatan serah terima virtual tersebut, Kepala Bappeda Rembang Ir. Dwi Wahyuni Haryati, MM yang mendapat mandat untuk menerima mahasiswa KKN-T IPB ini. Pihaknya memberikan pembekalan umum tentang kondisi wilayah Rembang. Mulai dari geografik, sosiogafik hingga kualitas sumber daya alam dan manusianya.

Pihaknya berharap, mahasiswa KKD-T ini mampu untuk membantu peningkatan kualitas daerah yang ditempatinya. “Masyarakat lebih percaya dengan mahasiswa. Sehingga buktikan yang terbaik. Berikan supporting system penanganan covid-19 yang harus ditingkatkan,” harapnya.

Sementara itu, dikutip dari newlms.ipb.ac.id, KKN-Tematik merupakan bentuk pendidikan yang kegiatan utamanya berada di luar kampus dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat, dimana mahasiswa secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi, menganalisa, dan menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi masyarakat secara terintegrasi antar profesi di IPB. KKN-Tematik merupakan bagian tak terpisahkan dari kurikulum program Sarjana Strata I Institut Pertanian Bogor.

Mengacu pada Peraturan Rektor Institut Pertanian Bogor Nomor 9/IT3/ PM/2020 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan KKN-T Bagi Mahasiswa Program Sarjana IPB, tujuan KKN-T IPB adalah:

  1. Meningkatkan rasa peduli dan empati terhadap permasalahan yang dihadapi di masyarakat, serta pemahaman terhadap adat istiadat dan budaya masyarakat serta wawasan kebangsaan;
  2. Kemampuan dalam melaksanakan, dan mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat dalam bidang pertanian dalam arti luas, industri berbasis pertanian, dan lingkungan secara terintegrasi baik multidisipin maupun interdisiplin antar bidang ilmu di IPB
  3. Kepedulian dan komitmen yang tinggi, terampil berkomunikasi, dan bekerjasama antar bidang ilmu untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat; dan
  4. Kemampuan dalam menginisiasi dan mengembangkan jejaring kerjasama pemangku kepentingan dalam upaya pemecahan masalah untuk memenuhi kebutuhan dalam dinamika kehidupan aktual di masyarakat. (RBR/MK)

1 thought on “14 Mahasiswa IPB KKN Tematik di 2 Daerah Rembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *