Rembang, Bappeda Rembang melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Diponegoro (PSDKU UNDIP), Selasa (26/1/21) siang. Dalam rapat ini juga hadir dua PSDKU UNDIP Kampus Batang dan Pekalongan.

Bappeda Rembang diwakili langsung oleh Kepala Bappeda Rembang, Dwi Wahyuni Haryati dan Kepala Bidang Ekonomi, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Ekonomi dan Litbang), Wijayanti. Pertemuan ini membahas tentang bidang Penelitian dan Pengembangan Daerah yang bisa diterapkan di daerah mitra termasuk Kabupaten Rembang.

Dalam pertemuan ini juga dijelaskan bahwa PSDKU UNDIP Kampus Rembang telah melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 11 OPD Kabupaten Rembang, sedangkan PSDKU Undip Kampus Pekalongan telah melakukan kegiatan kelitbangan yang sudah berjalan yaitu dengan pemetaan kecamatan. Pemetaan yang dilakukan berupa penelitian dan pengembangan profil kecamatan peta dan data sekundernya serta batas-batas desa. Kegiatan ini kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pemetaan ini bertujuan untuk mendata potensi wilayah dan penguatan desa. Nantinya data ini bisa dijadikan pijakan dalam menyusun program atau kegiatan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Nantinya, Litbang yang sudah berjalan di daerah mitra bisa direplika di daerah lainya. Selain itu, Dosen juga melibatkan kaprodi sebagai penghubung antara PSDKU Undip dengan Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Rembang.

Dalam pertemuan ini juga dijelaskan bahwa Kepala Bappeda diharapkan dapat ikut memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dengan materi praktisi pemerintahan..

Sumber : Bidang Ekolitbang Bappeda Rembang

Penulis : Humas Bappeda Rembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *