Rembang, Forum Group Discussion membahas tentang penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Strategis (Ranwal Renstra) Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rembang tahun 2021-2026 bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara virtual dan langsung di Ruang Rapat Bupati Rembang, Kamis (20/5) pagi.

Disela-sela kegiatan yaitu tepat pukul 10.00 WIB, peserta rapat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 113 tahun 2021.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya. Penetapan Hari Kebangkitan Nasional merujuk pada tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo, 20 Mei 1908.

Tahun ini, tema peringatan 113 tahun Hari Kebangkitan Nasional adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”.

Dengan tema tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid-19.

Menurut kompas.com, pada 20 Mei 1908, Dr Wahidin Soedirohoesodo bersama tiga mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) mendirikan organisasi Boedi Oetama. Ketiga mahasiswa itu adalah Soetomo, Gunawan Mangunkusumo, dan Suraji yang telah lama mengagumi dr Wahidin melalui majalah Retno Dumilak.

Pendirian organisasi ini sekaligus menandai kebangkitan nasional Indonesia. Sebab, sejarah Indonesia sejak saat itu memasuki babak baru, yaitu pergerakan nasional. Artinya, semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mulai lahir saat itu.

Mari Bersama kita bangkitkan kembali persatuan, kesatuan dan nasionalisme terhadap Negeri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *