Sampah menjadi masalah pelik yang kerap muncul setiap tahun dan susah ditangani. Pasalnya, volumenya kian bertambah seiring pertumbuhan penduduk.

Pemerintah pun telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi persoalan tersebut dengan target pengurangan sampah.
Salah satunya adalah dengan membangun lebih banyak tempat pengelolaan sampah menggunakan berbagai teknologi yang ramah lingkungan di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sampah di Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaksanakan kegiatan Pemilihan Teknologi Advance dalam Pengolahan Sampah, dimana ruang lingkupnya adalah penyusunan studi kelayakan pengolahan sampah dengan mengaplikasikan teknologi RDF kepada beberapa kota/kabupaten terpilih. Kabupaten Rembang menjadi salah satu nominasi dari 6 (enam) Kabupaten yang nantinya jika terpilih akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat dalam hal pengaplikasian teknologi RDF.

Sebagai informasi, teknologi RDF adalah teknologi pengolahan sampah dengan cara biodrying. RDF ini dapat dijadikan sebagai sumber energi terbarukan pengganti batubara sebagai bahan bakar semen.

Rabu (16/9/2020) bertempat di Ruang Sekda Kabupaten Rembang diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) studi kelayakan pengolahan sampah dengan mengaplikasikan teknologi RDF. FGD dipimpin oleh Bapak Pj. Sekda Kabupaten Rembang Drs. Achmad Mualif. Hadir pada FGD ini Kepala Bappeda Sekaligus Plt Kepala DLH Rembang Ibu Ir. Dwi Wahyuni Hariyati MM, perwakilan dari DPUTARU dan DPKP Rembang serta Bapak M. Anwar selaku konsultan yang ditugaskan dari Kemen PUPR.

FGD juga dihadiri perwakilan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Tengah Ibu Rhiza Chairinna selaku PPK PLP Wilayah 1, dan Bapak Sulistiyono dari PT.Semen Gresik selaku Potensial-Off Taker dari penggunaan Teknologi RDF ini.

Dalam Penutup FGD Bapak Pj. Sekda Menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Rembang menyatakan Kesiapanya jika nanti terpilih sebagai Kabupaten/Kota yang akan memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat terkait penggunaan Teknologi RDF dalam pengolahan sampah dan dari PT.Semen Gresik sudah mendesain kebijakan untuk penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga terjalin sinergitas kebijakan antara Pemerintah Pusat , Pemerintah Daerah dan PT. Semen Gresik selaku Potensial Off Taker.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *