Rembang, Hari Olahraga Nasional diperingati pada 9 September 2021. Tahun ini, Tema Haornasi 2021 adalah “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Dikutip dari situs resmi kemenpora.go.id, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) akan diluncurkan hari ini, Kamis (9/9/21). Rencananya, DBON ini akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo.

Desain besar olahaga nasional ini juga akan menyeluruh untuk urusan hulu sampai hilir. Semua hal akan dipersiapkan mulai dari target, sasaran, hingga saran dan prasarananya. Menpora Amali ingin, prestasi olahraga yang didapat tidak lagi ‘by accident’, melainkan membuat pabrik prestasi dengan merancang.

Paradigma Indonesia dalam DBON ini juga sudah jauh menatap ke depan, bukan hanya mengejar prestasi pada level SEA Games maupun Asian Games. Tetapi sudah berorientasi pada Olimpiade maupun Paralimpiade. Dengan begitu, ajang-ajang regional hanya menjadi sasaran antara.

Sementara itu, Kabupaten Rembang sendiri memiliki beberapa atlet yang luar biasa. Sebut saja Anung Satriyo Wibowo (slide 2) yang merupakan salah satu atlet menembak yang merupakan warga Lasem, Kabupaten Rembang berhasil meraih medali perunggu dalam ajang internasional Sea Games Filipina 2019.

Selain itu, Dwi Ani Retno Wulan (slide 3) atlet yang lahir di desa Ngulaan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini sekarang sudah menembus pentas global ONE Championship (MMA).

Menurut onefc.com menyebutkan debutnya dalam pentas global terjadi pada tanggal 17 November 2018. Dalam ajang ONE: WARRIOR’S DREAM, ia tampil agresif dan mampu membuktikan layak berada dalam jajaran atlet elit yang bernaung di “The Home Of Martial Arts.”

Setelah berlaga selama tiga ronde, ketiga juri sepakat memberinya kemenangan lewat putusan mutlak. Hasil ini pun membuka sebuah lembaran baru dalam kisah hidup Dwi.

Pada 12 April 2019, dalam ajang ONE: ROOTS OF HONOR, salah satu mimpi Dwi kembali terwujud. Kala itu, ia tampil membawa bendera Merah Putih untuk tampil menghadapi atlet veteran asal Vietnam-Amerika Bi “Killer Bee” Nguyen.

Laga tersebut menjadi yang pertama bagi Dwi untuk tampil di luar Indonesia. Meski telah berjuang, hasil akhir belum berpihak padanya. Namun, hasil tersebut membuatnya menjadi semakin termotivasi untuk memperbaiki keterampilan dalam ranah ground serta striking.

#koncobappeda, tentunya selain dua atlet tersebut masih banyak atlet berbakat asal Rembang yang kita harapkan Bersama mampu untuk menunjukkan prestasinya di kancah daerah, nasional maupun internasional.

Jadikan momen Hari Olahraga Nasional sebagai momen kita bersama untuk terus tingkatkan semangat dan sportivitas, yang tentunya bermanfaat untuk mendukung aktivitas kita sehari-harinya. Selamat Hari Olahraga Nasional 2021!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *