Rembang, Sebagai sarana untuk menjaga komunikasi dan koordinasi antara pimpinan dan staff di lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang, karyawan diwajibkan untuk mengikuti apel virtual. Hal ini dilakukan agar kegiatan dan perencaan dan pembangunan di Rembang bisa berjalan maksimal dan effisien walaupun dalam kondisi Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

WFH dilakukan karena menaati aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan di Jawa dan Bali termasuk Kabupaten Rembang. Aturan pembatasan PPKM tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat berlaku selama dua pekan, hingga 25 Januari 2021.

Dalam PPKM dijelaskan beberapa aturan yang salah satunya adalah membatasi tempat kerja perkantoran dengan menerapkan work from home (WFH) sebesar 75 persen dan work from office (WFO) sebesar 25 persen dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat. Sehingga banyak karyawan yang bekerja dari rumah. Apel ini diharapkan mampu untuk menjadi sarana koordinasi antar bidang dan juga dengan pimpinan.

Selain koordinasi, kegiatan apel yang diwajibkan bagi karyawan ini juga diiringi dengan pembacaan doa dan istighasah sebagai sarana untuk menanggulangan covid-19 secara batiniyah.

Humas Bappeda Rembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *