Rembang, Kabupaten Rembang saat ini sudah masuk dalam masa persiapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022. Diharapkan penyusunan nantinya tidak asal dan harus sesuai dengan isu-isu permasalahan daerah.

Demikian dikatakan Pejabat (Pj) Sekda Rembang, Edy Supriyanta saat memberi arahan dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyusunan RKPD Rembang tahun 2022 di Aula Bappeda, Selasa (5/1/20) pagi.

Pihaknya meminta pada Bappeda untuk merencanakan kerja Kabupaten Rembang sesuai dengan isu daerah. “Sebelumnya sudah dilakukan penyusunan rencana kerja Bersama dengan tenaga ahli. Tentunya perlu dijabarkan dengan baik”, katanya.

Ditambahkan selain Bappeda, pihaknya berharap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersinergi merencanakan perencanaan kerja yang sesuai dengan isu daerah. “Saya minta OPD mengecek kembali Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Apakah sesuai dengan isu tidak. Bagaimana dengan anak tidak sekolah, bagaimanakah dengan stunting, balita, insfrastruktur dan lainya. Pola pikir kita adalah memberikan yang terbaik kepada pimpinan dan masyarakat”, tambahnya.

Klik untuk melihat video >> https://www.youtube.com/watch?v=cfF-hd5doT0

Di sisi lain, Kepala Bappeda Dwi Wahyuni Haryati dikegiatan yang sama menjelaskan tahapan penyusunan untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rembang tahun 2021-2026. Misi RPJMD ini adalah Rembang Maju, Mandiri dan Sejahtera.

“RPJMD ini menindaklanjuti RPJMN tahun 2019-2024 utamanya adalah percepatan pelaksanaan proyek strategi nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 79/2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi Kawasan Jawa Tengah. Ini yang harus menjadi dasar OPD untuk penyususn perencanaan selanjutnya”, jelasnya.

Pihaknya berharap semua Kepala OPD dan kecamatan sudah menyusun Rancangan Awal (Ranwal) dan Rencana Kerja (Renja) RKPD tahun 2022 tepat waktu. Tujuan utamanya adalah menyusun dokumen dan sebagai acuan dan panduan selama tahun selanjutnya.

Sumber : Humas Bappeda Rembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *