KKN tematik Mahasiswa UGM di Kabupaten Rembang sebagai upaya Penanggulangan Kemiskinan

Kabupaten Rembang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah baik potensi sumber daya laut maupun daratan yang melimpah. Namun Kabupaten Rembang mengahadapi permasalahan angka kemiskinan masih tinggi yaitu tahun 2016 sebesar 18,54 % sedangkat target RPJMD sampai dengan tahun 2021 sebesar 11,55 % . Untuk mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut, Pemerintah Kabupaten Rembang telah dilakukan berbagai upaya diantaranya adalah Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera (Rastra), Kesehatan dan Pendidikan Gratis, dan yang terbari yaitu Koin Amal Lansia Melindungi yang Renta jadi Berkah ( KAMALIA MEREKAH).

Termasuk pada tahun 2018 di BAPPEDA Kabupaten Rembang menyelenggarakan kegiatan fasilitasi dan kemitraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mahasiswa dengan berbagai Perguruan Tinggi untuk membantu pendampingan pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan  (Pronangkis) di Desa-desa Merah Kabupaten Rembang.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mahasiswa ini merupakan program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Rembang dengan perguruan tinggi sebagai upaya pelibatan perguruan tinggi dalam mengatasi permasalahan kemiskinan.

Kegiatan KKN Tematik Mahasiswa Perguruan Tinggi dapat berlanjut pelaksanaanya untuk tahun-tahun berikutnya sesuai dengan MOU/Nota kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Rembang dengan Perguruan Tinggi masing-masing, serta usulan akan dilakukan upaya untuk Perguruan Tinggi yang lain untuk bermitra dengan pemerintah Kabupaten Rembang dalam pendampingan pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan  (Pronangkis).

Pelaksanaan KKN tematik Mahasiswa UGM di Kabupaten Rembang di Desa Woro Kecamatan Kragan mulai dilaksanakan pada bulan Juni s.d Agustus 2018. Desa Woro termasuk desa merah/ desa prioritas penanganan kemiskinan. Desa Woro mempunyai potensi pertanian dan perkebunan untuk pengembangan desa agrowisata.

Pelaksanaan Mahasiswa KKN UGM di Desa Woro Kecamatan Kragan selama 2 bulan, mulai tanggal 24 Juni s.d Akhir Agustus 2018.



Leave a Reply