Kepala Bappeda kabupaten Rembang, Ir. Dwi Wahyuni Hariyati, MM., secara resmi membuka Uji Publik II Penyusunan KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Rembang Tahun 2021-2025, di Aula Bappeda Kabupaten Rembang Senin 19 Oktober 2020. Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan para tamu undangan lainnya.

  

Dalam sambutannya, Ibu Ir. Dwi Wahyuni Hariyati, MM  menegaskan, sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018  tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan RPJMD, pemerintah pusat dan daerah wajib membuat KLHS, untuk memastikan, bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegritas dalam pembangunan suatu wilayah, serta kebijakan, rencana dan program kegiatan.

Adapun salah satu tahapan dalam pembuatan KLHS ini, yakni uji publik. Maksud dan tujuannya, untuk menyepakati isu Strategis, tantangan dan kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu,  Ibu Dwi Wahyuni meminta kepada seluruh peserta Uji Publik II Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Rembang  Tahun 2021-2025 ini, dapat memberikan masukan terhadap penentuan isu strategis dan tantangan yang akan dihadapi oleh Pemerintah kabupaten Rembang.

  

Adapun peserta yang mengkiuti Uji Publik Penyusunan KLHS II Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Rembang  Tahun 2021-2025 ini, berasal dari unsur pemerintah dan non pemerintah, diantaranya unsur  OPD, Ormas (Organisasi Kemasyarakatan), filantropi, akademisi dan berbagai pihak terkait lainnya.

Sedangkan yang bertindak selaku nara sumber sekaligus Tenaga Ahli dalam Uji Publik II Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Rembang  Tahun 2021-2025 ini, yakni Dr. Luthfi Muta’ali, S.Si, MSP dari UGM Yogyakarta via Zoom  Meeting.

  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *