Rembang, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov) Jateng melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng melaunching produk Batik Lasemku yang berasal dari Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang, Jawa Tengah di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Selasa (2/11/21). Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ini dilakukan sebagai cara untuk lebih memperkenalkan Batik Lasem ke kancah Nasional dan Internasional.

Pengenalan Batik Lasem ini dikemas dalam kegiatan “Rembang Fashion Parade 2021”. Nampak puluhan model berparas cantik dan tampan berjalan anggun di atas catwalk. Lebih menariknya, mereka mengenakan fashion batik karya kolaborasi pengrajin dan penata busana dari Kabupaten Rembang.

Ketua Deskranasda Jateng Atikoh Ganjar Pranowo membenarkan launching “Batik Lasemku” sebuah brand batik asal Kabupaten Rembang.

“Ini luar biasa, perjalanan satu tahun membina, mulai dari mendesain untuk keperluan fesyen. Dan, kalau kita lihat tadi, dengan pembinaan yang baik, arahan yang baik hasilnya luar biasa terutama fesyen,” ujar Siti Atikoh, Selasa (2/11/2021).

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan, ekonomi kreatif di Jawa Tengah termasuk Rembang sudah mulai tumbuh. Tentunya kegiatan semacam ini harus dengan protokol kesehatan ketat.

“Sebenarnya kawan panitia Kemenaker, desainer, Pemda, dan sponsor bisa berkolaborasi. Kita bangkitkan lagi ekonomi, dengan prokes ketat,” katanya.

Ganjar juga menyampaikan, event serupa juga bisa digelar di tempat-tempat wisata. Dengan mengundang terbatas pihak terkait dan prokes ketat.

“Tadi saya usul tidak hanya di sini, Lasem punya haritage bagus, coba bikin fashion show mengundang pemangku dan pecinta fesyen, pariwisata juga jalan. Dibatasi saja,” tandasnya.

Di sisi lain Ketua Dekranasda Kabupaten Rembang, Hasiroh Hafidz mengucapkan terimakasih atas pihak-pihak yang menyukseskan kegiatan tersebut. Tentunya dengan adanya launching ini mampu untuk meningkatkan kembali geliat Batik Lasem di kancah dunia di era pandemic covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *