Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam)

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah para pemangku kepentingan / stakeholders Kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari desa / kelurahan serta menyepakati kegiatan lintas Desa / Kelurahan di Kecamatan tersebut sebagai dasar penyusuanan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten pada tahun berikutnya.

Tujuan diselenggarakannya Musrenbangcam yaitu :

  1. Membahas dan menyepakati hasil-hasil Musrenbang dari tingkat Desa/ Kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan;
  2. Membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat Kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembanguan Desa/ Kelurahan;
  3. Melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembanguan Kecamatan sesuai dengan urusan-urusan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten;

Tahap pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dilaksanakan selama dua hari dengan Agenda hari pertama sebagai berikut :

  • pemaparan mengenai prioritas masalah di wilayah kecamatan dan prioritas kegiatan dari masing–masing desa/kelurahan menurut urusan/OPD oleh Tim Penyelenggara Musrenbang Kecamatan yang kemudian disusun menjadi Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan.
  • Kemudian dilakukan Desk penajaman hasil Musrenbang Desa dan Musrenbang Kecamatan yang akan diusulkan di Musrenbang Kabupaten, sinkronisasi prioritas kegiatan dari masing-masing desa dengan prioritas program OPD.
  • Sinkronisasi prioritas kegiatan dari masing-masing desa dengan prioritas program OPD;
  • Verifikasi oleh delegasi Desa/ Kelurahan untuk memastikan semua prioritas kegiatan yang diusulkan oleh desa/ kelurahannya sudah tercantum di masing-masing OPD;
  • Menyusun kesepakatan prioritas kegiatan pembangunan Kecamatan yang dianggap perlu oleh peserta Musrenbang namun belum diusulkan oleh desa/ kelurahan (kegiatan lintas desa/kelurahan yang belum diusulkan desa/kelurahan)

Musrenbang Kecamatan di Kabupaten Rembang  telah dilaksanakan mulai tanggal 5-15 Februari 2018 di Pendopo masing-masing Kecamatan. Hari pertama dihadiri oleh panitia kecamatan, Bappeda Kabupaten Rembang, wakil dari Desa/Kelurahan dan wakil dari kelompok–kelompok masyarakat yang terlibat dalam proses pembangunan di tingkat Kecamatan antara lain Organisasi petani, nelayan, organisasi pengrajin, klaster FEDEP, Akademisi dan lain sebagainya, dengan memperhatikan keterwakilan perempuan dan anak. Hari kedua ditambah perwakilan DPRD Dapil terkait, Forkopimpcam, serta narasumber terkait. Kemudian hari kedua dilanjutkan Pleno Musrenbang Kecamatan dan ditutup dengan penandatanganan berita acara Musrenbang Kecamatan.

Berikut jadwal  Musrenbang Kecamatan di Kabupaten Rembang Tahun 2018 :

Keluaran yang dihasilkan melalui pelaksanaan Musrenbang Kecamatan adalah :

  • Program kegiatan yang diusulkan ke Musrenbang Kabupaten;
  • Program kegiatan yang diusulkan untuk dibiayai APBD Provinsi;
  • Program kegiatan yang diusulkan untuk dibiayai APBN;
  • Program kegiatan yang akan dibiayai secara swadaya oleh masyarakat;
  • Daftar delegasi Kecamatan yang akan mewakili dalam Musrenbang Kabupaten.

Hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Rembang di Kecamatan Tahun 2019 dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah.

 

 

 

 

 

 



Leave a Reply