Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Rembang Tahun 2018

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Rembang di Ruang Rapat Paripurna gedung DPRD Rembang pada Kamis, 29 Maret 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimda, DPRD, Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perwakilan dari Desa, Partai Politik, LSM, Ormas, Wartawan,serta dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan Bappeda Blora, dll.

Tema musrenbangkab tahun ini yaitu “Pemberdayaan dan pengembangan sdm menuju masyarakat yang berdaya saing, inovatif dan kreatif”.

Tujuan dilaksanakannya Musrenbangkab ini yaitu mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan urusan OPD, rancangan Alokasi Dana Desa termasuk dalam pemutakhiran ini adalah informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya, mendapatkan rincian rancangan awal Renja OPD, khususnya yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan.

    

Abdul Hafidz menyampaikan dalam Musrenbangkab bahwa setiap perencanaan harus dilakukan secara detail, tidak boleh asal tulis angka dan harus ada laporan secara terperinci dalam setiap angka dari total anggaran yang direncanakan. Serta pembangunan yang direncanakan harus berdasarkan e-budgeting yang harus dipersiapkan sejak awal perencanaan, sehingga diharapkan setiap pembangunan harus sesuai dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab).



Leave a Reply