Pemerintah Kabupaten Rembang Rencanakan Pengentaskan Kemiskinan Di “Desa Merah” Tahunan Kecamatan Sale Melalui Pemberdayaan Potensi Ekonomi

Pembangunan desa  perlu mendapatkan perhatian khusus, salah satunya adalah pembangunan dalam aspek ekonomi.  Bappeda Kabupaten Rembang pada hari Sabtu tanggal 13 Januari 2018 telah melaksanakan  survei di Desa Tahunan Kecamatan Sale yang merupakan salah satu Desa kategori “merah”. Dikatakan “desa merah” karena menurut pengelompokan rumah tangga dalam basis data terpadu, Desa Tahunan masuk dalam kelompok terendah.  Survei tersebut merupakan tindak lanjut dalam upaya penurunan angka kemiskinan berbasis peningkatan potensi ekonomi lokal, sehingga diharapkan  bisa menurunkan tingkat kemiskinan di Desa Tahunan.

Upaya pembangunan ekonomi desa akan lebih mudah dan cepat terlaksana jika potensi yang dimiliki desa diberdayagunakan. Permasalahan yang terdapat di desa harus segera ditindaklanjuti supaya proses pembangunan dapat berjalan dengan lebih baik.

Salah satu potensi yang dimiliki Desa Tahunan adalah tersediaya sumber mata air melimpah yang dinamakan Mata Air Brubulan. Sumber mata air ini bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat Desa Tahunan untuk melakukan pengairan sawah tanpa mengandalkan air hujan. Selain sebagai pengairan sawah, saluran air yang terdapat di tepian sawah dapat juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan wader.

 

Peningkatan ekonomi untuk membangun desa di Kabupaten Rembang harus  sesuai dengan karakteristik dari masyarakat itu sendiri, karena membangun desa tentu melibatkan masyarakat. Dengan pelaksanaan survei ini diharapkan masyarakat Desa Tahunan lebih tergerak untuk memanfaatkan potensi alam yang dimiliki desa ini.



Leave a Reply