Rapat Persiapan Pelaksanaan Musrenbangcam Tahun 2019

Pemerintah telah menetapkan kegiatan musyawarah pembangunan daerah atau Musrenbang sebagai sarana untuk melibatkan masyarakat dalam perencanaan pembangunan di daerah. Setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan sinkronisasi, integrasi dan koordinasi antar tingkat pemerintahan, antar waktu, antar sumber dana dan antar wilayah serta harus melibatkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan, melalui forum MUSRENBANG.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkatkecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

Bappeda Kabupaten Rembang menyelenggaran rapat persiapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Tahun 2019, Senin 29 Januari 2018  di Aula Bappeda yang dihadiri oleh Camat se-Kabupaten Rembang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Rembang, untuk mempersiapkan Musrenbangcam di tiap Kecamatan. Kecamatan bertugas untuk menyiapkan teknis penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan serta mempersiapkan dokumen Rancangan Rencana Pembangunan Kecamatan.

 

Penyelenggaraan MUSRENBANG Tahun 2018 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019 diatur sesuai dengan jadwal sebagai berikut:

  • Musrenbang Desa/Kelurahan dilaksanakan paling lambat Jnuari 2018
  • Musrenbang Kecamatan dilaksanakan Minggu I dan II Februari 2018
  • Forum Perangkat Daerah dilaksanakan Minggu IV Februari 2018
  • Musrenbang Kabupaten Minggu III Maret 2018

Musrenbangcam Tahun 2018 dilaksanakan selama 2 hari per-Kecamatan, mulai tanggal 5-15 Februari 2018. Hari pertama diisi dengan Desk … kemudian dilanjutkan ceremonial musyawarah di hari kedua. Berikut jadwal Musrenbangcam Kecamatan tahun 2018 :

Setelah kegiatan Musrenbangcam selesai, usulan Program/Kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten Tahun 2019 disampaikan kepada Bupati cq. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Rembang dalam bentuk soft dan hard copy yang telah disahkan oleh Kepala Perangkat Daerah paling lambat tanggal 13 Maret 2018 dilengkapi dengan Kerangka Acuan Kerja/Kerangka Logis masing-masing kegiatan dengan Rencana Anggaran Biaya. Input data usulan melalui Aplikasi SiP@ndu Minggu I Februari 2018 – Minggu II Maret 2018.

Kemudian Perangkat Daerah wajib menyusun dokumen rencana kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2019 yang memuat program dan kegiatan, lokasi kegiatan, indikator kinerja, kelompok sasaran serta pagu indikatif dan prakiraan maju anggaran.

Terkait usulan desa Pemerintah Desa diharapkan menyampaikan data sinkronisasi program kegiatan prioritas Desa (mendasarkan Rancangan RKPD Desa Tahun 2019) dengan Prioritas Kabupaten ditujukan kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Rembang. Usulan Program/Kegiatan serta Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa Tahun 2019 yaitu: Input data usulan melalui Aplikasi SiP@ndu pada Minggu I Februari 2018. Usulan desa hasil input disampaikan kepada Bupati cq. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Rembang paling lambat tangal 5 Februari 2018 dalam bentuk soft dan hard copy yang telah disahkan oleh Kepala Desa. Sedangkan Usulan Hibah dan Bansos oleh Pemerintah/BUMN/BUMD/Badan dan Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan/Kelompok Masyarakat Tahun 2019 disampaikan secara tertulis kepada Bupati cq Sekretaris Daerah/Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Rembang dengan tembusan Bappeda, yang selanjutnya akan di input ke dalam aplikasi SiP@ndu oleh Kepala Perangkat Daerah yang membidangi. Usulan desa yang menjadi prioritas  arah pembangunan tahun 2019, harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Merupakan kewenangan kabupaten
  • Mendukung Visi Misi RPJMD
  • Mendukung pertumbuhan ekonomi
  • Mengentaskan kemiskinan
  • Tidak menimbulkan konflik social
  • Ramah Lingkungan

Usulan program/kegiatan pembangunan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Rembang dilaksanakan melalui aplikasi SiP@ndu melalui masing masing Fraksi dengan mulai bulan 2 Januari – 28 Februari 2018 (setelah pelaksanaan reses).



Leave a Reply