Rembang, Rencana revitalisasi Pasar Induk Kota Rembang sudah masuk tahapan Penilaian Dokumen Andalalin. Rapat Penilaian Dokumen Andalalin Pembangunan Pasar Induk Kota Rembang ini dilakukan oleh pihak terkait Bersama Bappeda Rembang di Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang pada Selasa (13/1/21) siang.

Dokumen andalalin yang disusun oleh dinas teknis terkait saat ini sudah memasuki tahapan penilaian dokumen. Dikarenakan jalan yang terdampak pembangunan pasar kota Rembang merupakan kewenangan kabupaten maka tahapan penilaian andalalin dilakukan oleh Bappeda dan instansi terkait sebagai tim evaluasi penilaian andalalin. Hasil evaluasi tersebut selanjutnya menjadi dasar revisi dokumen andalalin sebelum dikeluarkan rekomendasi.

Andalalin merupakan analisis dampak lalu lintas adalah studi/ kajian mengenai dampak lalu lintas dari suatu kegiatan dan/atau usaha tertentu yang hasilnya dituangkan dalam bentuk dokumen andalalin atau perencanaan pengaturan lalu lintas.

Hal ini dikaitkan bahwa setiap perubahan guna lahan akan mengakibatkan perubahan di dalam sistem transportasinya. Rumah sakit, mal yang besar, atau stadion ataupun kawasan pemukiman yang baru akan mempengaruhi lalu lintas yang ada di sekitar kegiatan baru tersebut. Dengan andalalin maka dapat diperhitungkan berapa besar bangkitan perjalanan baru yang memerlukan rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas untuk mengatasi dampaknya.

Perubahan tataguna lahan baik perubahan kategori maupun intensitasnya akan membangkitkan lalulintas sehingga kecil ataupun besar akan mempunyai pengaruh terhadap lalu lintas disekitarnya. Dilatarbelakangi hal tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya pengaruh lalu lintas yang cukup besar pada jaringan transportasi di sekitar pembangunan tersebut, perlu dilakukan kajian analisis dampak lalu lintas (traffic impact analysis). Analisis dampak lalu lintas atau sering disebut Andalalin adalah suatu studi khusus yang menilai efek-efek yang ditimbulkan oleh lalu lintas yang dibangkitkan oleh suatu pengembangan kawasan terhadap jaringan transportasi di sekitarnya.

Pembangunan Pasar Kota Rembang ini juga termasuk dalam salah satu Proyek Strategis Nasional yang telah ditetapkan melalui Perpres 79 Tahun 2019. Penyusunan Andalalin ini merupakan salah satu kelengkapan persayaratan pengusulan kegiatan kepada APBN sehingga diharapkan dokumen ini dapat benar-benar menjadi acuan dalam penanganan lalu lintas di sekitar kawasan mulai dari pembangunan hingga operasional pasar nantinya.

Sumber: Bidang IPW Bappeda Rembang

Penulis: Humas Bappeda Rembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *