Sosialisasi dan Pelatihan SIP@NDU Sebagai Awal Pengintegrasian Perencanaan dan Penganggaran di Kabupaten Rembang

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang mengadakan Pelatihan SIP@NDU (Sistem Perencanaan dan Penganggaran Terpadu) tanggal 6 s/d 7 Januari 2018 di Aula Kantor Bappeda. Penerapan SIP@NDU ini menggantikan SIMPEPEDA (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah) yang sebelumnya telah digunakan sejak tahun 2015.

Tujuan dari penerapan aplikasi SIP@NDU (Sistem Perencanaan dan Penganggaran Terpadu) ini adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan penggunaan aplikasi e-Government pemerintah daerah melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Berdasarkan KBBI edisi V tahun 2016, “pandu” memiliki arti penunjuk jalan atau perintis jalan. Sistem ini merupakan “penunjuk jalan” menuju Kabupaten Rembang yang lebih baik. Proses perencanaan dan penyusunan anggaran dilakukan dalam suatu sistem berbasis web yang terintegrasi secara menyeluruh sehingga dapat meminimalisasi adanya kesalahan dan manipulasi.

Sistem ini juga merupakan “perintis” dalam sistem pemerintahan berbasis internet. Diharapkan dengan adanya sistem ini, dapat memberikan pandangan baru bagi Kabupaten Rembang menuju sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-Government). Penerapan sistem berbasis web dalam proses perencanaan dan penyusunan anggaran diupayakan untuk meningkatkan efisiensi internal, membentuk proses kepemerintahan yang demokratis, serta menciptakan sistem pemerintahan yang sehat dan tertata.

Huruf “A” pada sipandu diganti dengan lambang “@” sebagai simbol bahwa program sipandu tersebut merupakan suatu program berbasis elektronik. Penggunaan program berbasis elektronik ini lebih ringkas dan praktis dengan sistem yang telah terintegrasi. Simbol @ yang dibaca “at” memiliki arti “di” (awalan untuk menunjukkan tempat) atau “pada”. Bisa dikatakan juga penggunaan simbol @ sebagai pengganti huruf “a” pada “sipandu” juga menunjukkan bahwa sistem tersebut merupakan suatu tempat yaitu tempat pengajuan serta penyimpanan rencana dan susunan anggaran yang telah terintegrasi.

Dilatarbelakangi oleh Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Korupsi Kabupaten Rembang yang telah disepakati bersama antara eksekutif dan legislatif maka Pemerintah Kabupaten Rembang harus melaksanakan mempunyai Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan yang terintegrasi dengan Pengangaran. Penggunaan SIP@NDU ini juga ditujukan guna Memenuhi tujuan misi I RPJMD Kabupaten Rembang Tahun 2016-2021 “Meningkatkan kualitas tatakelola penyelenggaraan pemerintahan”, dimana perlu adanya usaha reformasi peningkatan kualitas dengan menggunakan sistem informasi yang akuntabel, transparan dan integratif. SIP@NDU (Sistem Perencanaan dan Penganggaran Terpadu) sendiri merupakan hasil kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Batang sesuai dengan arahan KPK.

Acara Pelatihan dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Rembang, Ir. Dwi Wahyuni Hariyati, MM yang menyampaikan “Aplikasi tersebut dimaksud sebagai sarana transfer aplikasi e-Government untuk menciptakan keterpaduan hubungan pembangunan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik guna efisiensi, efektifitas dan sinergitas  dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan penyediaan pelayanan umum berbasis teknologi”.

Pelatihan dibagi menjadi dua sesi yaitu pada hari Sabtu 6 Januari 2018 serta Minggu 7 Januari 2018. Pelatihan hari pertama diikuti oleh peserta yang terdiri dari administrator SIP@NDU yang berasal dari seluruh Perangkat Daerah baik Badan, Dinas, Kantor, RSUD, Satpol PP, Kecamatan serta Bagian pada Sekretariat Daerah. Pelatihan dipandu tim narasumber dari Dinas Kominfo, BPPKAD dan Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Batang yang merupakan tim pengembang dari aplikasi E-Planning dan E-Budgeting Kabupaten Batang.

Pelatihan hari kedua dikhususkan untuk tim internal Bappeda serta Tim dari Sekretariat DPRD, BPPKAD dan Dinas Kominfo Kabupaten Rembang. Pelatihan hari kedua dikhususkan untuk pendalaman materi bagi tim Internal Bappeda sebagai penyusun RKPD Kabupaten Rembang Tahun 2019 serta Pendalaman materi bagi tim dari Setwan, BPPKAD dan Dinas Kominfo dalam pelaksanaanya nanti juga akan terus berperan dalam mengawal kelancaran dari penerapan SIP@NDU.



Leave a Reply