Rembang, Pada tahun 2021 ini bukan hanya Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) saja yang digelar, melainkan juga terdapat Lomba Penjaringan Inovasi Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya digelar Lomba Kreanova saja. Kedua lomba ini memperebutkan penghargaan yang akan diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah sebagai bentuk apresiasi untuk mendukung dalam menghasilkan produk-produk inovasi sekaligus menggelorakan semangat kreasi dan inovasi di tengah masyarakat Provinsi Jawa Tengah guna mempercepat pembangunan wilayah.

Dikutip dari bappeda.purworejokab.go.id, pendaftaran Lomba Krenova dan Penjaringan Inovasi Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 telah dibuka mulai bulan Februari hingga April 2021 dengan mekanisme secara teknis melalui Bappeda Kabupaten/Kota asal peserta. Proposal yang telah didaftarkan akan diseleksi dan diverifikasi oleh tim penilai pada bulan Mei dan dilanjutkan seleksi presentasi pada bulan Juni 2021 di hadapan Dewan Juri yang terdiri dari Akademisi, Praktisi, Bisnis, dan Komunitas serta dilanjutkan pengumuman pemenang pada bulan Agustus 2021.

Para pemenang lomba ini akan difasilitasi lebih lanjut oleh Bappeda Provinsi Jawa Tengah berupa hilirisasi teknologi (BTC, Perekayasaan, Penerapan, Diseminasi dan Pelatihan Kapasitas SDM), layanan inkubasi bisnis teknologi, fasilitasi kekayaan intelektual, promosi produk hasil inovasi melalui pameran, fasilitasi Program Start-up Inovasi Indonesia (SII) dari Kemenristek/BRIN untuk menjadi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), serta penyediaan layanan kemitraan dan jejaring, co-working space, juga meeting room pada Jateng Innovation Hub (JIH).

Lomba Krenova dan Penjaringan Inovasi Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah dapat diikuti oleh seluruh penduduk Provinsi Jawa Tengah baik secara perorangan maupun kelompok. Lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 digelar dengan tema “Peningkatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat didukung Penguatan Daya Saing SDM” sesuai dengan tema RKPD Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan Penjaringan Inovasi Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 digelar dengan tema “Membangkitkan Perekonomian Inovatif untuk mendukung sektor pariwisata dari dampak pandemi Covid-19.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *