Rembang, Tama Wisata Alam (TWA) Sumber Semen yang berada di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang Kembali dibuka untuk umum. Pembukaan ini dilakukan karena Kabupaten Rembang dinilai sudah diperbolehkan karena jumlah kasus covid-19 sudah menurun drastic.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Darmanto mengatakan sejak 20 Maret 2020 Wisata Sumber Semen dinyatakan ditutup karena aturan atau regulasi pemerintah yang mengharuskan untuk menutup sementara wisata yang ada di Jawa Tengah. Hal ini sebagai cara untuk memutus rantai penulatan virus covid-19.

Pembukaan ini dilakukan sudah melalui prosedur yang dicanangkan oleh pemerintah, yaitu sudah disediakanya peralatan penanganan covid-19, seperti handsanitizer, gentong air dan sabun untuk cuci tangan, alat pengukur suhu dan tanda jaga jarak.

“Kami akan terus melaksanakan evaluasi setiap 14 hari sehingga dapat meminimalisir dampak negatif yang terjadi. Jangan sampai taman wisata alam ini menjadi kelas terbaru untuk covid-19 mari kita jaga bersama sama mudah-mudahan semua berjalan dengan baik”, jelasnya.

Bupati Rembang (bertopi) didampingi Kepala Bappeda Rembang (paling kiri) mengecek kesiapan TWA Sumber Semen Sale

Sementara itu, Bupati Rembang berencana akan meningkatkan kualitas akses menuju wisata Sumber Semen. Selain itu, TWA Sumber Semen menjadi tempat wisata ke 14 di Kota Garam yang dibuka kembali sejak adanya pandemi. “Semuanya harus menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19”, katanya.

Bupati meminta kepada pengelola agar memperhatikan jumlah dan kedatangan pengunjung. Sehingga harapan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 bisa efisien. “Jangan sampai terjadi kerumunan di dalam Sumber Semen”, tambahnya. (MK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *