Rembang, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranwal RPJMD) Kabupaten Rembang Tahun 2021- 2026 dilaksanakan Kamis (14/4) pagi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Penyusunan Dokumen RPJMD Kabupaten Rembang Tahun 2021- 2026.

Kegiatan yang dilakukan secara luring (langsung) dan daring (virtual) ini diikuti oleh seluruh lapisan pemerintahan mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), DPRD dan juga organisasi kemasyarakatan yang ada di Rembang.

Dalam kegiatan luring di Setda Lt. IV Rembang ini diberikan beberapa paparan tentang Ranwal RPJMD Kabupaten Rembang 2021-2026 yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Rembang, Bupati Rembang, Kepala DPRD Rembang dan perwakilan dari stakeholder terkait. Dalam kegiatan ini diharapkan Rembang dapat menerapkan konsep smart city (kota pintar).

Dilansir dari http://sim.ciptakarya.pu.go.id/, Kota Cerdas (smart city) adalah sebuah konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Intinya Kota Cerdas (smart city) ini menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan roda kehidupan kita yang lebih efisien.

Kepala Bappeda Rembang, Dwi Wahyuni Haryati menjelaskan beberapa tujuan dilaksanakan kegiatan ini, diantaranya meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam proses perencanaan. Mendapatkan masukan, usulan dan saran untuk kelengkapan perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Rembang Tahun 2022-2026.

Kegiatan ini merupakan langkah ke dua dalam penetapan RPJMD 2021-2026 yang rencananya dilakukan di Bulan Agustus tahun ini. “Sebelumnya kita sudah lakukan Logical Framework & Penyamaan Persepsi Penyusunan RPJMD Kabupaten Rembang, selanjutnya Brainstorming Penyusunan Rancangan Awal RPJMD 2022-2026 dan juga Rapat Koordinasi Penyusunan Draft Indikator Kinerja Utama (IKU) Kabupaten dan Indikator Utama OPD”, jelasnya.

Jajaran Pejabat Kabupaten Rembang di Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJMD

Sementara itu, Bupati Rembang meminta semua kalangan untuk Bersama-sama mencurahkan ide atau gagasan untuk perumusan dan penyusunan RPJMD. Sehingga visi dan misi Bupati yaitu “Terwujudnya Rembang Gemilang 2026” selama masa kepimpinan bisa terealisasi.

“Terdapat 4 Visi kami diantaranya Mengembangkan Profesionalisasi, Modernisasi Organisasai dan Tata Kerja Birokrasi; Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang semakin Berkualitas dan Terproteksi Jaminan Sosial; Membangun Infrastruktur dan Ketahanan Ekonomiuntuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan; dan Mengembangkan Kemandirian Desa berbasis Potensi Lokal,” katanya.

Ditambahkan Bupati, dibutuhkan sinergi untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. Sehingga diharapkan OPD dan stakeholder terkait bisa bersinergi dan tidak berjalan sendiri-sendiri. (MK)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *