Rembang-Bulan Mei 2021 direncanakan pembangunan Kota Pusaka Lasem mulai dibangun asalkan semua tahapan pembangunan ini sesuai dengan timeline yang sudah direncanakan. Sebelum dimulai pembangunan, akan dilakukan beberapa proses persiapan pelaksanaan diantaranya proses persetujuan andalalin dan lelang proyek terlebih dahulu.

Jadwal ini diinformasikan oleh Kepala Satker Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah I Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Singgih dalam Audiensi dan Penyampaian Laporan Akhir Review DED Penataan Kawasan Kota Pusaka Lasem Kabupaten Rembang, Senin (15/2/21) siang.

Dalam audiensi yang dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Rembang dan dihadiri oleh Bappeda, Dinbudpar, Dinas DPUTARU, DPKP, Dinindakop dan UMKM dan juga perwakilan warga Lasem ini dilakukan di Rumah Dinas Bupati Rembang.

Dijelaskan, bahwa masterplan dan Detail Engineering Design (DED) pembangunan Kota Pusaka Lasem telah selesai pengerjaannya selanjutnya akan dilakukan pembangunan fisik kawasannya. Pembangunan tersebut juga sudah memperhatikan perlindungan cagar budaya atau sudah dimitigasi sehingga tidak menurunkan essensi cagar budaya yang ada di Lasem.

Selanjutnya, gedung yang akan dibangun nantinya juga sudah mendapatkan penilaian gedung hijau dan sudah memperhitungkan standar layak fungsi serta kebutuhan kaum difabel.  Dari sisi keandalan bangunan dan fungsinya, perencanaan bangunan tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi.

Singgih mengharapkan komitmen untuk pemeliharaan gedung tersebut harus tetap kokoh. Karena Lasem menjadi prioritas penanganan dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Kota Lasem dipilih karena memiliki sejarah yang lengkap mulai dari kota santri, peninggalan Sunan Bonang, aset kerajaan Majapahit dan masih banyak lainnya.

Di sisi lain, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz meminta pembangunan ini jangan keluar dari esensi kota pusaka itu sendiri dan harus mengindahkan status tanah/bangunan apakah statusnya wakaf atau tidak. Beliau juga berharap proses relokasi segera dilakukan sebelum pelaksanaan pembangunan pada bulan Mei dan beliau berharap pembangunan bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *