Rembang,

Rembang, PreConstruction Meeting (PCM) untuk pengerjaan Revitalisasi Kota Pusaka Lasem Jumat (27/8/21) digelar di Fave Hotel Rembang. Rapat pra pelaksanaan pekerjaan ini merupakan tahapan yang penting dalam pekerjaan konstruksi, karena dalam pelaksanaan proyek dapat mengatasi kendala-kendala dilapangan.

PCM merupakan pertemuan yang diselenggarakan oleh unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan seperti pihak Direksi Pekerjaan sebagai unsur pengendalian, Direksi Teknis sebagai pengawas teknis, dan penyedia jasa sebagai pelaksana pekerjaan, wakil masyarakat setempat dan instansi terkai guna menyamakan presepsi tersebut seluruh dokumen kontrak dan membuat kesepakatan tersebut hal-hal penting yang belum terdapat dalam dokumen kontrak maupun kemungkinan-kemungkinan kendala yang akan terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan.

Dalam pertemuan ini dipaparkan bahwa pelaksanaan perizinan sudah semua dilakukan termasuk dokumen andalalin dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Selain itu, Kejati Jawa Tengah Yusup Hadiyanto mengaku siap untuk mengawal pelaksanaan pembangunan kota pusaka Lasem.

Ketua Tim Konsultan Perencana Kota Pusaka Lasem, Harnowo mengatakan proses perencanaan review detail desain pembangunan Kota Pusaka Lasem ini sudah dilakukan sejak tahun 2020. Selanjutnya disepakati untuk penatanaan berada pada kawasan prioritas di kawasan alun-alun Lasem, pasar dan masjid dengan  memperhatikan aspek sejarah dan budaya.

“Nantinya akan dibangun pasar lebih modern tanpa meninggalkan budaya dan kultur kota Lasem”, jelasnya.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pemaparan dari penyedia jasa konstruksi yang menang lelang untuk menyampaikan schedule atau waktu tahapan kegiatan pembangunan. Selain itu dilakukan management pembangunan agar berjalan sesuai prosedur dan waktu yang ditentukan.

Tampak hadir Kepala Satker BPPW Jateng, Kepala Bappeda Rembang, kepala dinas perindustrian perdagangan koperasi dan UMKM Rembang serta stakeholder terkait lainya.

Kegiatan selanjutnya setelah PCM nantinya akan langsung dilakukan pembangunan kontruksi. Proyek pembanguan Kota Pusaka Lasem ini merupakan pembangunan multiyear atau dilakukan bertahap beberapa tahun. Rencananya, pembangunan akan memakan waktu dua tahun. Pada tahap pertama tahun ini diperkirakan akan memakan waktu 360 hari kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *