Rembang, Pegawai Bappeda Rembang menjalani vaksinasi tahap 2 di Rumah Sakit Islam (RSI) Arafah Rembang, Kamis (24/6/2021). Sebelumnya pegawai sudah mendapatkan vaksin untuk tahap 1 pada Kamis (27/5) di Rumah sakit yang sama. Nampak antusiasme pegawai dalam menjalani vaksinasi yang ke 2 ini.

Vaksinasi sesuai dengan aturan pemerintah dilaksanakan dua kali yaitu tahap 1 dan tahap 2. Dilansir dari https://kesmas.kemkes.go.id/, vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Tentu, apabila seseorang tidak menjalani vaksinasi maka ia tidak akan memiliki kekebalan spesifik terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi tersebut.

Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata disuatu daerah maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Kekebalan kelompok inilah yang menyebabkan proteksi silang, dimana anak tetap sehat meskipun tidak diimunisasi karena anak-anak lainnya di lingkungan tempat tinggalnya sudah mendapatkan imunisasi secara lengkap, sehingga anak yang tidak diimunisasi ini mendapatkan manfaat perlindungan melalui kekebalan kelompok yang ditimbulkan dari cakupan imunisasi yang tinggi tadi.

Anak yang tidak diimunisasi tersebut dilindungi oleh orang orang disekitarnya yang telah kebal terhadap penyakit tertentu sehingga risiko tertular penyakit dari orang sekitarnya menjadi kecil. Hal ini menunjukan bahwa imunisasi dengan cakupan yang tinggi dan merata sangatlah penting.

Namun, jika suatu saat anak tersebut keluar dari wilayah dengan cakupan tinggi tadi, anak tersebut akan memiliki risiko untuk tertular penyakit karena pada dasarnya ia belum memiliki kekebalan spesifik yang didapat dari imunisasi

Jika mengalami gejala setelah vaksinasi, segera hubungi petugas kesehatan terdekat, ataupun nomor yang tertera pada sertifikat vaksin, atau lapor ke Komnas KIPI melalui https://keamananvaksin.kemkes.go.id/​

​​Informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/

Sukseskan program vaksinasi COVID-19 dan tetap disiplin protokol Kesehatan. (RBR/MK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *