Rembang, Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah (IPW) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang menyelenggarakan rakor lanjutan terkait program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), Senin (22/3) pagi .Kegiatan ini sebagai sarana untuk pelaksanaan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat tahun anggaran 2021. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan sistem dari-oleh-untuk masyarakat, yaitu kegiatan diusulkan dari masyarakat, dibangun oleh masyarakat dan keperuntukanya untuk masyarakat itu sendiri.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Rembang, Ir. Dwi Wahyuni Haryati, MM. ini diikuti oleh Anggota DPR RI, Arwani Thomafi, Kepala BPPW Provinsi Jawa Tengah secara virtual. Selain diikuti oleh Team Leader Kotaku Oversight Service Provider (OSP) 1 Jawa Tengah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Rembang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang, beberapa camat dan desa penerima IBM.

Dijelaskan Kepala Bidang IPW, Ali Sahid menjelaskan terdapat 28 desa sudah terdaftar di Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), 29 lainya sudah tercatat di Program Kotaku. (data lengkap akses di website Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Provinsi Jawa Tengah)

Kegiatan yang difokuskan di Aula Bappeda Kabupaten Rembang ini membahas mengenai lanjutan pelaksanaan IBM di Rembang. Pembahasan meliputi permasalahan program Kotaku dan PISEW. Kegiatan ini terlaksana harapan besarnya adalah untuk mengentaskan wilayah pemukiman kumuh di Rembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *