Hari Selasa , 31 Desember 2019  bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Rembang, telah dilaksanakan kegiatan rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Rembang Tahun 2019 . yang diikuti oleh 40 OPD ( OPD Kabupaten dan Kecamatan )

Acara dibuka Oleh Kepala Bappeda Kabupaten Rembang, Ibu Dwi Wahyuni, Hariyati, MM. dalam sambutannya  Kepala Bappeda menyampaikan bahwa kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi PPRG dan implementasi PUG di Kabupaten Rembang ini perlu dilakukan dalam rangka untuk melihat sejauhmana implementasi  PUG di Kabupaten Rembang. Predikat mentor yang sudah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Rembang ini  harus tetap dipertahankan. Hal ini  adalah dalam rangka mendukung capaian gender yang tertuang dalam SDGS dan mensejahterakan masyarakat Rembang.

Isu Gender menjadi isu internasional dan telah tertuang dalam tujuan yang ke lima dari 17 tujuan SDGs , yaitu pada pilar Pembangunan Sosial, mencapai Kesetaraan Gender dan pemberdayaan kaum perempuan . PUG merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan prespektif gender menjadi  satu dimensi integral dari perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan.  Capaian Indikator PUG adalah IDG (Indeks Pemberdayaan Gender )  mencapai 73,12 sementara target yang harus dipenuhi di tahun 2021, 69,5 ini sudah melebihi target namun IPG ( Indeks Pembangunan Gender ) yang Tahun 2018 mencapai 86,49 sementara target yang harus dipenuhi di tahun 2021  adalah 87,50   masih perlu upaya keras untuk mencapai target  dan perlu adanya strategi yang mampu mengungkit capaian IPG di Kabupaten Rembang.

Kegiatan Rapat koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Pokja PUG di Kabupaten Rembang ini selaku  Nara Sumber Bapak Ulul Albab, S.Sos  dari LPPSP ( Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan ) Semarang  dalam materinya menyampaikan bahwa untuk meningkatkan capaian IPG, salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan capaian pendapatan dari kaum perempuan di Kabupaten Rembang.  Strategi dalam pelaksanaan PUG harus memenuhi 7 prasyarat, yaitu :

1).Komitmen,

2). Kebijakan,

3) Kelembagaan,

4)SDM dan Anggaran,

5). Data sistem informasi

6). Metode dan tool, serta

7).Peran serta Masyarakat.

Selain itu dalam Evaluasi pelaksanaan PUG di Kabupaten Rembang juga perlu dilakukan secara berkala dengan  tim driver sebagai promotornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *