Rembang, Rapat Koordinasi Pelaksanaan Verifikasi Rencana Kerja Operasional (RKO) Kegiatan Bantuan Keuangan kepada Kabupaten atau Kota Tahun Anggaran 2021 online melalui aplikasi Simbankeu secara virtual, Selasa (6/1/21) siang. Kegiatan ini di ikuti oleh 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Rembang mendapat anggaran sekitar 18,5 M. Jumlah ini sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 2 Tahun 2019 sebagaimana diubah dengan Peraturan Gubernur No. 32 Tahun 2019 Tentang Pemberian Dan Pertanggungjawaban Belanja Bantuan Keuangan Kepada Kabupaten/Kota Yang Bersumber Dari APBD Provinsi Jawa Tengah.

RKO adalah dokumen yang disusun oleh Perangkat Daerah Kabupaten/Kota penerima bantuan yang menguraikan rencana pelaksanaan kegiatan serta dilengkapi dengan data dan dokumen pendukung secara lengkap yang dipergunakan sebagai salah satu kelengkapan administrasi pencairan anggaran.

Ruang lingkup kegiatan bantuan keuangan diiarahkan untuk membiayai jenis kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SPPD), Bantuan Sarana Prasarana, Bantuan Pendidikan, Bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kelurahan, Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Daerah Lainnya.

Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan dan verifikasi RKO kegiatan bantuan keuangan kepada Kabupaten/Kota dilakukan melalui online dengan aplikasi Simbankeu, diantaranya penyusunan RKO kegiatan bantuan keuangan Kabupaten/Kota  dikoordinasikan oleh perangkat daerah kabupaten/Kota yang membidangi perencanaan (BAPPEDA).

Selanjutnya, RKO di verifikasi oleh tim verifikasi provinsi (BAPPEDA, BPKAD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Biro Administrasi Pembangunan Daerah)  sebelum proses pengadaan pekerjaan dimulai.

Hasil akhirnya adalah kebenaran dan validitas dari seluruh data, informasi dan lampiran dalam RKO sepenuhnya menjadi tanggungjawab kepala SKPD Kabupaten/Kota selaku penerima bantuan.

Sumber: Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi (Pendalev) Bappeda Rembang

Redaksi: Humas Bappeda Rembang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *