Pada hari Jum’at, 27 Desember 2019 bertempat  di ruang rapat Kantor Bupati Rembang, telah dilaksanakan kegiatan Rapat koordinasi terkait penanggulangan kemiskinan Di Kabupaten Rembang. Dalam rapat tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Rembang, Kepala OPD terkait program penanggulangan kemikinan, Camat Se- Kabupaten Rembang, serta Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappeda kabupaten Rembang memaparkan terkait gambaran umum Kabupaten Rembang, kondisi makro, kemiskinan makro dan kemiskinan mikro serta strategi penanggulangan kemiskinan yang seharusnya dilakukan di Kabupaten Rembang.

Rapat dipimpin oleh Bupati Rembang. Dalam sambutannya Bupati Rembang mengharapkan agar pada tahun 2020, OPD maupun Camat lebih konsentrasi dalam intervensi program penanggulangan kemiskinan. Khususnya dalam kaitannya dengan  target RPJMD di Kabupaten Rembang tahun 2021. Bupati Rembang mengharapkan dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Rembang harus dilakukan secara sinergi dan dukung banyak pihak, baik dari OPD, Camat, Desa, Instansi vertical khususnya BPS serta CSR yang ada di Kabupaten Rembang. Demikian pula dalam penyajian data – data dari OPD hendaknya dilaporkan secara tertib dan teratur agar memudahkan dalam analisa dan kajian informasi terkait pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan  masyarakat dan penanggulangan kemiskinan yang ada di Kabupaten Rembang.

Pada kesempatan tersebut  Kepala BPS mengutarakan bahwa angka kemiskinan di kabupaten Rembang pada tahun 2019 capaiannya sebesar 14,95%, Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5,90%. angka kemiskinan tahun 2019 penurunannya lebih besar tahun lalu yang sebesar 2,94 jika dibandingkan dengan tahun ini yang hanya 0,49 %. Demikian pula dengan pertumbuhan ekonomi yang mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada tahun 2018 ini pertumbuhan ekonomi sebesar 6,18%. Hal tersebut  dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang ada di Kabupaten Rembang khususnya dari adanya  Semen Gresik yang pada tahun 2017 yang menyerap tenaga kerja banyak, dampaknya pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi meningkat cukup signifikan. Demikian pula Dana Desa yang mendukung pemberdayaan masyarakat untuk program padat karya berpengaruh terhadap penurunan kemiskinan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *