Rembang, Selamat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2021 diperingati setiap tanggal 29 Juni. Keluarga seperti cabang di pohon, kita tumbuh ke arah yang berbeda namun akarnya tetap satu. Kebiasan baik kita bekerja kemudian momen terbaik pulang ke keluarga dan makan makanan enak dan bersantai dengan mereka.

Dikutip dari tirto.id, tema Harganas ke-28 2021 ini adalah “Keluarga Keren Cegah Stunting”. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk merawat gizi bayi dan mencegah stunting.

Kondisi stunting di Indonesia merupakan masalah krusial yang harus segera ditangani secara serius. Global Nutrition Report 2016 mencatat bahwa Indonesia menduduki peringkat 108 dari 132 negara dalam hal stunting.

Keadaan ini menjadikan Indonesia ssebagai kawasan dengan prevalensi stunting tertinggi kedua di Asia Tenggara, setelah Kamboja.

Anak yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal. Selain itu, fisiknya juga rentan terhadap penyakit dan berisiko menurunkan tingkat produktivitasnya.

Dalam jangka panjang, stunting dapat menyebabkan kesenjangan sosial-ekonomi, mengurangi 10 persen dari pendapatan total seumur hidup, serta mengakibatkan kemiskinan antar-generasi.

Tema Harganas ke-28 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kondisi stunting di Indonesia. (RBR/MK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *