Rembang, Karyawan Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang diharapkan disiplin dalam mengisi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dengan disiplin, cepat dan akurat. Sehingga data yang disajikan kepada masyarakat akuran dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini disampaikan Ketika sosialisai SIPD di Aula Bappeda Rembang, Senin (4/1/20) siang.

Dikutip dari laman http://bappelitbang.banjarkab.go.id/ menjelaskan SIPD adalah suatu Sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan. Data SIPD terdiri dari 8 kelompok data (Data Umum, Sosial Budaya, Sumber Daya Alam, Infrastruktur, Ekonomi, Keuangan daerah, Politik/hukum/Keamanan dan Insidensial), 31 jenis data dan 2691 Elemen data.

Sedangkan SIPD sendiri memiliki manfaat untuk menyediakan data dan informasi yang akurat dan terbaru untuk perencanaan pembangunan daerah, menjadi sistem penunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Kemendagri dalam pengendalian dan penyerasian pembangunan daerah menjadi gerbang data dan informasi pembangunan daerah serta merupakan akses data dan informasi berbagai kepentingan.

Fungsi lainnya SIPD adalah sebagai media akuntabilitas publik yang memungkinkan masyarakat mengevaluasi kinerja pemerintah, mengevaluasi program-program pembangunan, dan sekaligus mengevaluasi capaian-capaian pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *