Rembang, Dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranwal RPJMD) Kabupaten Rembang Tahun 2021-2026, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rembang melakukan pertemuan berkonsep brainstorming seluruh Perangkat Daerah dalam menentukan tujuan dan sasaran daerah sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Rembang Tahun 2021-2026, Selasa (6/4) pagi.

Kegiatan yang dilakukan di Aula Bappeda Rembang ini sebagai langkah awal untuk merumuskan Tujuan dan Sasaran Daerah dalam RPJMD. Harapanya adalah mendapatkan satu misi dan satu kesepahaman tujuan dan sasaran kabupaten Rembang 21 -26 untuk terciptanya kemajuan daerah.

Dikutip dari merdeka.com brainstorming adalah metode yang sangat umum untuk menemukan ide-ide baru, yang didasarkan pada spontanitas dan kreativitas. Konsep dasar dari brainstorming adalah melatih otak manusia untuk memicu munculnya ide dan kemudian meletakkan ide-ide tersebut di atas kertas.

Tujuan dari metode brainstorming adalah untuk mengumpulkan ide-ide mentah dengan cepat, di mana seseorang akan diminta untuk mengungkapkan ide-ide mereka dengan lantang. Metode ini dimaksudkan untuk membawa berbagai ide ke atas meja, dimana beberapa diantaranya akan jatuh ke pinggiran, sementara yang lain akan ditarik dan dibentuk menjadi sesuatu yang lebih konkret.

Kegiatan ini mengundang Wakil Rektor I Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. Pihaknya mengatakan terdapat lima aspek kesejahteraan masyarakat, sandang, pangan, pendidikan, papan dan Kesehatan. “Tentunya harus ada indikator. Tidak hanya terpenahi saja,” jelasnya.

Disisi lain, untuk mengapatkan lima aspek kesejahteraan masyarakat itu diperlukansinergi, data, target dan konsistensi serta linieritas. “Kerangka ini harus diformalisakan bersama sehingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) semua satu misi sama dan penyampaian yang sama pula,” katanya. (MK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *