Rembang, 1 Juli 2024 – Sebanyak 25 mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta telah memulai Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Rembang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Desa Woro dan Desa Narukan, Kecamatan Kragan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang, Afan Martadi, AP., M.Si., memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. “Kami menyambut baik kehadiran mahasiswa UGM dalam menjalankan KKN PPM di Rembang. Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan solusi konkret terhadap permasalahan sosial dan ekonomi yang dihadapi masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan KKN ini dibagi dalam empat kluster yang meliputi agro, sains dan teknologi, sosial dan humaniora, serta medika, dan direncanakan berlangsung selama 50 hari, hingga 19 Agustus mendatang. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mendapatkan pengalaman lapangan, tetapi juga dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Ir. Dwi Wahyuni Hariyati, M.M., Asisten Administrasi Umum Setda Rembang, menjelaskan bahwa kegiatan KKN ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Rembang, dengan pemilihan Desa Narukan sebagai lokasi tambahan untuk memperluas dampak positif kegiatan ini.

Kegiatan KKN PPM UGM di Rembang merupakan implementasi nyata dari semangat untuk memberdayakan masyarakat pedesaan dan mendukung pembangunan daerah secara berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *